Sabtu, 16 Januari 2010

One Small Step is a Big Leap!!!


Global warming atau pemanasan global merupakan isu terhangat didunia ini setelah terorisme. Banyak sekali artikel - artikel yang menulis dan membahas tentang pemanasan global atau global warming. Semua kepala negara diduniapun selalu meyempatkan diri untuk membahas isu global warming tersebut pada setiap moment - moment pertemuan tertentu. Mungkin beberapa orang telah bosan membaca artikel tentang global warming itu sendiri. Tapi sebenarnya hal itu harus terus dilakukan agar orang tidak mengabaikannya begitu saja. Semua orang harus sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh global warming atau pemanasan global.


Bahaya – bahaya yang ditimbulkan oleh global warming diantaranya adalah:

  1. Udara bumi semakin panas,semakin tidak nyaman bagi manusia.

  2. karena udara semakin panas, daerah kutub mengalami pencairan yang menyebabkan permukaan air lautan naik.

  3. karena permukaan air laut naik, banyak pulau tenggelam, ombak pasang semakin ganas dan merusak ekosistem laut.

  4. Hutan menjadi mudah terbakar karena panas

  5. Ozon berlubang… ini yang bahaya?
    Laut langsung mendidih, besi langsung meleleh, kulit manusia langsung terbakar… dan banyak lagi.

  6. Yang berbahaya : Perubahan Iklim.

  7. Perubahan iklim lain : gelombang panas menyerang daerah lintang tinggi seperti negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, menyebabkan korban tidak sedikit.


Banyak hal bisa kita lakukan untuk mencegah bahaya yang ditumbulkan oleh pemanasan global. Tidak perlu hal – hal yang besar dulu, kita mulai saja dari hal – hal yang kecil – kecil yang bisa kita lakukan. Misalnya saja dengan menanam satu pohon dipekarangan rumah, tidak membakar sampah karena dengan membakar sampah kita juga telah menymbang gas untuk merusak bumi kita, kurangi penggunaan kantong – kantong plastik dan massiih banyak lagii yang bisa kita lakukan tapi yang paling penting adalah kesadaran diri kita terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh pemansan global.

Berbicara tentang langkah-langkah pencegahan, banyak yang berkomentar kalau merasa diri belum siap. Belum siap untuk menggunakan mobil hybrid, belum siap untuk tidak menggunakan AC, belum siap untuk tidak menggunakan komputer lama-lama. Padahal hal tersebut hanya beberapa dari berbagai langkah untuk mencegah pemanasan global. Masih banyak cara lainnya. Ada seseorang yang menyebutkan untuk mencegah global warming kita harus melakukan 3M, yaitu: Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri sendiri dan Mulai dari sekarang.

Ada sebuah persepsi yang menurut saya agak keliru, upaya mencegah pemanasan global sering diidentikkan dengan kembali ke jaman batu. Tidak menggunakan pesawat terbang ketika berpergian, tidak menggunakan komputer, tidak menggunakan kendaraan bermotor dan masih banyak lagi tidak-tidak yang lain. Memang itu penting dalam mencegah pemanasan global, tetapi menurut saya jangan sampai upaya kita untuk peduli pemanasan global membuat kita tidak produktif dalam bekerja. Hiduplah sewajarnya. Jika memang dirasa perlu berpergian menggunakan pesawat terbang, ya gunakanlah. Jika memang perlu menggunakan komputer, ya gunakanlah. Upaya peduli bisa kita tunjukkan dari penggunaan yang ’sewajarnya’. Jika tidak digunakan harap dimatikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar